Hosting Unlimited Indonesia

pemahaman diabetes

Diabetes atau Diabetes Mellitus (DM), dalam bahasa Yunani berarti tembus cahaya atau air mancur, dan dari bahasa Latin memiliki rasa manis, sedangkan di Indonesia DM lebih dikenal dengan diabetes, dimana kadar glukosa (gula sederhana) dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin yang cukup. Dan dari beberapa tes langsung, pada umumnya penderita diabetes urine berasa manis karena mengandung banyak gula.


Setiap makanan yang kita makan akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Di perut dan usus, makanan dipecah menjadi beberapa elemen dasar, termasuk satu jenis gula, yaitu glukosa. Jika ada gula, pankreas menghasilkan insulin, yang membantu menguras gula ke dalam sel-sel tubuh. Kemudian, gula dapat terserap dengan baik di dalam tubuh dan dibakar untuk menghasilkan energi.

Ketika seseorang menderita diabetes maka pankreas seseorang tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk menyerap gula yang diperoleh dari makanan. Itulah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi karena tumpukan gula dari makanan yang tidak dapat diserap dengan baik dan dibakar menjadi energi. Penyebab lain adalah insulin yang rusak atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas, organ di samping perut. Hormon ini menempel pada reseptor di dinding sel. Insulin bertanggung jawab untuk membuka reseptor pada dinding sel sehingga glukosa memasuki sel. Kemudian sel-sel ini mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kata lain, insulin membantu menyalurkan gula ke dalam sel untuk diubah menjadi energi. Jika jumlah insulin tidak cukup, maka ada akumulasi gula di dalam darah yang menyebabkan diabetes.


Penyebab diabetes atau diabetes tergantung pada jenis diabetes yang diderita. Ada 2 jenis diabetes yang umum dan diderita oleh banyak orang yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Perbedaannya adalah bahwa diabetes tipe 1 karena masalah fungsi organ pankreas tidak dapat menghasilkan insulin, sedangkan diabetes tipe 2 adalah karena kurangnya masalah insulin, bukan karena pankreas tidak dapat berfungsi dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pemahaman diabetes"

Post a Comment