Hosting Unlimited Indonesia

Diabetes Mellitus Dependen Berinsulin

Type 1 Diabetes

Diabetes tipe 1 sering disebut Insulin Dependent Diabetes Mellitus atau Diabetes Mellitus yang bergantung pada Insulin. Jadi diabetes tipe 1 dikaitkan dengan ketidakmampuan pankreas untuk membuat insulin. Jadi jenis diabetes ini dikaitkan dengan kerusakan atau gangguan fungsi pankreas untuk memproduksi insulin. Orang dengan diabetes tipe 1 kebanyakan terjadi pada orang di bawah usia 30 tahun. Itu sebabnya penyakit ini sering dijuluki anak penderita diabetes karena penderitanya lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup karena gangguan sistem kekebalan tubuh yang merusak sel penghasil insulin atau karena infeksi virus sehingga hormon insulin dalam tubuh menurun dan menyebabkan tumpukan gula dalam aliran darah. Diabetes Tipe 1 Karena kekurangan insulin menyebabkan glukosa tetap berada di aliran darah dan tidak dapat digunakan sebagai energi. Beberapa penyebab pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup pada penderita diabetes tipe 1, antara lain karena:




  
Faktor keturunan atau genetik. Jika salah satu atau kedua orang tua menderita diabetes, maka anak akan berisiko terkena diabetes.

    Autoimunitas adalah alergi tubuh terhadap salah satu jaringan atau jenis selnya sendiri-dalam kasus ini, ada di pankreas. Tubuh kehilangan kemampuan untuk membentuk insulin karena sistem kekebalan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin.

    Virus atau bahan kimia yang menyebabkan kerusakan pada pulau sel (kelompok sel) di pankreas tempat insulin dibuat. Semakin banyak pulau sel yang rusak, semakin besar kemungkinan seseorang akan terkena diabetes. Pengobatan Diabetes Tipe 1 Karena pankreas sulit memproduksi insulin, insulin harus ditambahkan setiap hari. Umumnya dengan cara suntikan insulin. Mungkinkah dengan perawatan mulut? Tidak bisa, karena insulin dapat hancur di dalam perut ketika dimasukkan melalui mulut. Cara lain adalah memperbaiki fungsi kerja pankreas. Jika pankreas dapat kembali berfungsi normal, maka pankreas dapat memenuhi kebutuhan insulin yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini penjelasan tentang Diabetes dalam animasi (film)
sumber : link here
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diabetes Mellitus Dependen Berinsulin"

Post a Comment