Hosting Unlimited Indonesia

komplikasi diabetes 2

Jika komplikasi diabetes dibuat menjadi daftar, akan ada daftar panjang. Ya, diabetes bisa menyebabkan penyakit lain. Bahkan, banyak penderita diabetes yang meninggal bukan karena diabetes mellitus itu sendiri tetapi komplikasi. Komplikasi diabetes dapat mempengaruhi mata, kulit, menyebabkan tekanan darah tinggi yang mengakibatkan stroke dan masalah jantung, hingga oesteporosis.


Glukosa dalam tubuh penderita diabetes sangat tinggi karena insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi glikogen tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jumlah glukosa membuat tubuh menderita banyak penyakit. Penderita diabetes harus menjaga stabilitas kadar gula darah sehingga komplikasi diabetes tidak terjadi.Komplikasi diabetes mellitus sangat mungkin menyerang organ-organ tubuh di bawah
  •     Mata
Kadar gula darah yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan pada organ mata. Kadar gula darah yang sering berubah dapat menyebabkan masalah keseimbangan cairan pada lensa mata. Lensa mata dapat menyerap terlalu banyak cairan yang dapat membuat mata tumbuh dan membuat penglihatan kabur. Mata dan pembuluh darah yang mengirim darah ke retina juga dapat dirusak oleh diabetes. Selain glaukoma dan katarak, diabetes juga bisa menyebabkan kebutaan.
  •     Kulit
Komplikasi diabetik biasanya mempengaruhi kulit. Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri adalah hal utama dalam komplikasi diabetes yang menyerang kulit. Gatal juga sering disebabkan oleh penyakit gula dan hal-hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Komplikasi diabetes yang menyerang kulit atau yang biasa disebut diabetes dermopathy ditandai dengan bercak merah kecoklatan pada kulit. Komplikasi diabetes ini biasanya terjadi pada mereka yang menderita diabetes selama 10 hingga 20 tahun.
  •     Tulang
Tahukah Anda bahwa kepadatan tulang dapat dipengaruhi oleh adanya diabetes tipe 1? Bukan hanya kepadatan tulang, risiko patah tulang atau fraktur juga sangat tinggi bagi penderita diabetes. Sedangkan diabetes tipe 2 tampaknya menghindari osteoporosis. Untuk mencegah terjadinya pengurangan kepadatan tulang, penderita diabetes tipe 1 disarankan untuk mengkonsumsi vitamin D atau diet tinggi kalsium.
  •     Tekanan darah
Diabetes dapat menyebabkan masalah jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Risiko stroke meningkat dua kali lipat dalam lima tahun sejak seseorang divonis menderita diabetes mellitus tipe 2. Diabetes menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, mempengaruhi tekanan darah dan masalah jantung.
  •     Kaki
Tentunya Anda sering mendengar bahwa penderita diabetes harus diamputasi kaki. Infeksi kaki sering membuat penderita diabetes enggan melepaskan kaki mereka. Infeksi kaki ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Aliran darah ke kaki sering terganggu yang akhirnya mengarah ke penyakit pembuluh darah perifer di kaki. Pembuluh darah ini menyempit karena timbunan lemak. Namun, penderita diabetes tidak bisa merasakan sakit atau panas karena penyempitan ini. Apa yang terjadi adalah infeksi telah berkembang tanpa disadari oleh pasien.
  •     Ginjal
Ketika insulin tidak diproduksi maka glukosa tidak akan diubah menjadi glikogen sebagai energi, hasilnya glukosa akan terus beredar di pembuluh darah. Sebagai alat filter dalam tubuh, ginjal berfungsi menyaring terlalu banyak darah. Gula dalam darah yang terlalu banyak tentu kerja ginjal yang mengeras. Kerja ginjal yang berkelanjutan dapat membuat ginjal berhenti bekerja suatu hari nanti.

Ada begitu banyak komplikasi diabetes yang mengerikan. Untuk itu selalu menjaga kestabilan kadar gula darah untuk meminimalisir terjadinya komplikasi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "komplikasi diabetes 2"

Post a Comment