Hosting Unlimited Indonesia

Komplikasi Serius Akibat Diabetes

Penderita diabetes harus selalu mengontrol gula darah / glukosa secara teratur, mempertahankan diet, mengatur berat badan dan melakukan pemeriksaan rutin. Gaya hidup seperti ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes.


Komplikasi Jangka Pendek

Diabetes mellitus dapat diikuti oleh berbagai komplikasi. Dalam jangka pendek, diabetes dapat menyebabkan:

Hiperglikemia (Hyperglycemia)

Hiperglikemia atau gula darah tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ. Komplikasi ini dapat terjadi jika pasien tidak mengambil tindakan untuk mengurangi kadar glukosa darah seperti suntikan insulin, atau karena diet dan kehidupan yang tidak berorientasi pada pengobatan diabetes.

Hiperglikemia adalah kondisi serius dan membutuhkan perhatian medis segera.

Hipoglikemia (Hypoglycemia)

Dalam beberapa kasus, penderita diabetes melakukan penanganan yang salah dan berlebihan sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi terlalu rendah. Melewatkan makan dan olahraga dan mengonsumsi obat diabetes (menurunkan kadar glukosa) atau suntikan insulin dapat menyebabkan hipoglikemia.

Selalu kontrol kadar glukosa dalam darah dan konsultasikan dengan dokter dengan penanganan diabetes yang tepat, sehingga pasien tidak jatuh dalam kondisi hipoglikemia ini.

Ketoasidosis

Ketoasidosis adalah komplikasi diabetes yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan glukosa / gula darah sebagai energi karena kekurangan insulin. Ketika sel-sel tubuh kekurangan energi, mereka akan menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Ketika jaringan lemak terganggu, keton (racun) terbentuk di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri perut yang parah, dan juga dehidrasi.

Komplikasi Jangka Panjang

Semakin lama seseorang menderita diabetes, semakin tinggi risiko komplikasi karena tingginya glukosa dalam darah ini. Penanganan yang baik dapat mencegah komplikasi ini, atau semakin baik pasien mengontrol kadar glukosa tetap normal, semakin kecil risikonya.

Komplikasi diabetes umumnya terkait dengan kerusakan pembuluh darah. Diabetes dalam jangka panjang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengurangi volume aliran darah ke berbagai bagian tubuh seperti mata, ginjal, jaringan syaraf, dan lain sebagainya.

Akibatnya, bagian-bagian tubuh ini akan mengalami kerusakan fungsional yang serius, bahkan mengancam jiwa.

Komplikasi yang mungkin timbul karena diabetes termasuk:

Kerusakan mata

Diabetes dapat merusak pembuluh darah di mata, yang dapat menyebabkan berbagai macam seperti katarak, glaukoma, kerusakan retina, hingga kebutaan.

Masalah dengan kulit dan kaki

Penderita diabetes sangat rentan terhadap masalah kaki. Kerusakan pada saraf dan pembuluh darah akan membatasi aliran darah ke situs. Goresan kecil pada kaki atau kulit dengan mudah menjadi luka infeksi yang sangat parah. Tanpa perhatian serius, luka akan menjadi lebih luas dan merusak. Dalam kondisi terburuk, bagian harus diamputasi agar infeksi tidak terus menyebar.

Masalah jantung

Seseorang dengan diabetes berisiko tinggi untuk masalah jantung. Para peneliti mengatakan bahwa risiko serangan jantung pada penderita diabetes mirip dengan mereka yang sebelumnya pernah mengalami serangan jantung.

Beberapa masalah di jantung dan penyempitan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes termasuk:
  • Pukulan
  • Kerusakan pada arteri
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi

Penderita diabetes harus secara rutin memeriksa kadar gula darah, serta menjaga gaya hidup dan diet untuk menjaga kadar gula normal, dan mengurangi risiko komplikasi akibat diabetes.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komplikasi Serius Akibat Diabetes"

Post a Comment